Kesetaraan Gender dan Indikator Kesetaraan Gender

Laki-laki dan perempuan memiliki dan mendapatkan penghargaan yang setara sebagai manusia di dalam berbagai aspek kehidupan dan sama-sama mendapatkan akses, mampu berpartisipasi dan memiliki kontrol serta mendapatkan manfaat dari intervensi pembangunan.

Indikator Kesetaraan Gender adalah sbb:

  1. Indikator tingkat dampak: indikator yang bersifat makro yang biasanya mengacu pada indikator yang disepakati secara nasional, misalnya:
  1. Indeks Pembangunan Gender (Gender Development Index-GDI) merupakan indeks pencapaian kemampuan dasar pembangunan manusia untuk mengetahui kesenjangan pembangunan manusia antara laki-laki dan perempuan. Variabel GDI: angka harapan hidup, pendidikan, pendapatan.
  2. Indeks Pemberdayaan Gender (Gender Empowerment Measures-GEM) merupakan indeks yang mengukur peran aktif perempuan dan kehidupan ekonomi dan politik. Variabel GEM: partisipasi perempuan dalam politik, partisipasi dalam bidang ekonomi, partisipasi dalam pengambilan keputusan serta penguasaan sumber daya ekonomi.
  3. Tujuan Pembangunan Milenium atau Millenium Development Goals (MDGs), terutama terkait dengan tujuan tiga, yakni mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. 
  1. Indikator pada tingkat hasil/outcome, yakni indikator yang merupakan hasil langsung dari pelayanan yang diberikan oleh suatu organisasi/SKPD dalam jangka waktu satu sampai lima tahun. Contohnta : Data/indeks yang menjelaskan hasil suatu layanan; misalnya:
  • populasi laki-laki dan perempuan yang mendapatkan pelayanan yang berkualitas;
  • jumlah rumah tangga miskin yang mendapat pelayanan air bersih,
  • jumlah pekerja laki-laki dan perempuan mendapatkan jaminan sosial tenaga kerja,
  • perempuan korban kekerasan yang mendapatkan pelayanan terpadu. 
  1. Indikator pada tingkat output, yakni indikator yang merupakan hasil langsung dari suatu kegiatan; misalnya:
  • Rasio laki-laki dan perempuan yang mendapatkan pelatihan agribisnis.
  • Perempuan yang terlibat dalam Musrenbang. 
  1. Indikator spesifik gender, yakni indikator yang secara khusus terkait dengan satu jenis kelamin saja, misalnya:
  • Angka kekerasan terhadap perempuan,
  • Jumlah kasus trafficking di kalangan perempuan
About Perempuan Berkisah 174 Articles
Perempuan Berkisah menerima tulisan dari siapapun yang ingin berbagi kisah seputar isu perempuan, baik isu pendidikan, pemberdayaan, ekonomi, sosial dan isu perempuan di bidang-bidang lainnya. Tulisan dapat dikirim ke perempuan.berkisah@gmail.com. Terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply