Cintai Diri Tanpa Membandingkan dengan Yang Lain

Terkadang, kita sering melihat orang-orang yang sudah berdiri jauh di atas kita, tanpa melihat perjuangan mereka agar bisa sampai ke atas. Kita tidak tahu tantangan yang mereka hadapi ketika mereka sedang berjuang memanjat keatas yang kita lihat hanyalah kesuksesan mereka saja.

Dikisahkan oleh Hellena Salim*

Banyak perempuan yang tidak menyadari bahwa dirinya itu berharga. Seringkali perempuan berada di posisi yang tidak mengenakan untuknya hanya karena berbeda dari yang lain. Semua manusia itu unik dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Seringkali perempuan minder akibat merasa kurang dan tidak percaya diri akan dirinya. Padahal semua orang di dunia ini berharga dan akan bersinar pada waktunya.

Kita selalu melihat orang-orang yang sudah berdiri jauh di atas tanpa kita melihat perjuangan mereka agar bisa sampai ke atas. Kita tidak tahu tantangan yang mereka hadapi ketika mereka sedang berjuang memanjat keatas yang kita lihat hanyalah kesuksesan mereka saja.

Perbedaan pada diri setiap orang menjadikan setiap orang memiliki ciri khasnya masing-masing. Namun, terkadang perbedaan yang ada menjadikan kita minder untuk dapat meraih apa yang kita inginkan. Salah satu keminderan terbesar bagi perempuan adalah bentuk badan. Apakah bentuk badan dapat mempengaruhi anda dalam menggapai kesuksesan? Jawabanya sudah jelas tidak. Akan tetapi, berapa banyak perempuan yang berjuang mati-matian agar bisa memiliki bentuk badan yang ideal?

Sebenarnya seperti apa bentuk badan yang ideal untuk perempuan? Jawabanya tidak ada semua itu hanyalah persepsi orang yang lama kelamaan membentuk konsep bahwa wanita cantik adalah perempuan yang berbadan langsing, putih, dan tinggi. Lalu bagaimana dengan perempuan yang tidak langsing? Tidak putih? Atau wanita yang pendek? Apa mereka tidak bisa dikategorikan “cewek” cantik? Tentu saja tidak bukan.

Akibat dari semua itu adalah kebanyakan perempuan ingin menjadi kurus dengan segala cara yang mungkin yang belum tentu cara yang mereka lakukan itu benar. Mengakibatkan penyakit banyak yang dating menghampiri. Mengapa kita terkonsepsi kita harus kurus atau langsing dengan berbagai macam cara yang mungkin dapat membahayakan diri kita?.

Cobalah untuk mengganti kalimat “saya ingin kurus” menjadi “saya ingin menjadi orang yang lebih sehat ke depannya”. Dengan keinginan untuk menjadi lebih sehat otomatis kita akan lebih memperhatikan diri kita sendiri tanpa mendengarkan kata orang lain. Salah satu cara untuk mencintai diri kita sendiri adalah dengan merawat diri kita dan menjadi lebih sehat.

Menjadi lebih sehat akan membawa dampak positif ke dalam diri kita. apabila kita lebih berhati-hati untuk memilih jenis makanan yang akan kita makan maka secara tidak sadar dalam kasus yang lain kita pun akan mampu memilah-milah mana yang membawa pengaruh baik untuk kita dan mana yang tidak membawa pengaruh baik untuk kita. Hasilnya adalah dengan tidak mendengarkan pengaruh buruk ke kehidupan kita maka kita akan cenderung menjadi lebih optimis dan dapat secara baik memandang segala sesuatunya secara lebih positif.

Guncangan atau kesulitan dalam proses mencintai diri itu pasti akan selalu terjadi. Sebelum dapat mencintai orang lain kita harus bisa mencintai diri kita sendiri. Apabila kita belum bisa menerima diri kita sendiri sebagaimana apa adanya kita bagaimana kita bisa menerima orang lain? Di dunia ini tidak ada yang sempurna. Kita sebagai manusia hanya dapat selalu berjuang dan selalu memperbaiki diri kita. setiap manusia pasti membuat kesalahan dan pernah merasa terpuruk namun karena kesalahan atau keterpurukan itu kita akan belajar bahwa ada sisi baik yang akan kita dapatkan dari kesalahan yang kita lakukan itu. Kita tidak boleh melihat dari sisi negative nya saja karena di setiap apa yang kita jalani akan ada selalu hal positif dan negatif yang dapat kita ambil dan petik.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, mencintai diri itu bukanlah hal yang mudah. Lebih mudah mencintai orang lain daripada mencintai diri kita sendiri. Namun, tentu saja kita dapat mencintai diri kita sendiri secara perlahan. Dengan cara :

  • Menerima dirimu sendiri apa adanya dan tidak membandingkan dirimu dengan orang lain

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing begitu pula dengan dirimu sehingga tidak perlu membandingkan dirimu dengan orang lain yang kamu anggap lebih baik daripada dirimu karena belum tentu dia lebih baik daripada dirimu. Ingat bahwa orang hanya memperlihatkan kepada orang lain apa yang ia ingin perlihatkan. Orang selalu menutupi perjuangan dan kesedihan yang ia rasakan di depan banyak orang.

  • Lupakan tentang berat badan dan fokuslah untuk menjadi lebih sehat

Jangan pernah terpaku dengan apa yang kamu lihat pada pengukur berat badanmu. Angka yang tertera hanya akan membuat tekanan pada dirimu. Fokuslah untuk menjadi lebih sehat karena dengan menjaga kesehatan akan membuat dirimu lebih baik lagi. dirimu menarik bukan karena angka yang ada di timbangan namun karena kamu memiliki sifat dan kepribadian yang baik.

  • Mengabaikan ujaran kebencian

Tidak semua orang akan menyukai diri kita apa adanya. Maka dari itu, kita perlu mencintai diri kita sendiri. Dalam berjalannya hidup pasti akan banyak orang dating untuk menjatuhkan kita namun kita harus mampu menutup telinga kita untuk hal negative itu agar tidak termakan oleh itu melainkan kita harus memacu diri kita agar dapat membungkam mereka yang membenci kita dengan prestasi yang kita miliki.

  • Berada pada lingkungan yang positif

Kita harus mengelilingi diri kita dengan orang-orang yang dapat memberikan dampak positif dan dapat memberikan dukungan terhadap apa yang kita kerjakan sehingga kita akan menjadi lebih semangat dalam menjalankan hari-hari kita. apabila kita berada dalam lingkungan negative dan memberikan dampak buruk. Coretlah orang-orang yang memberikan dampak buruk bagi diri kalian.

Semangat untuk mencintai dirimu sendiri ketahuilah bahwa dirimu berharga dan jangan takut untuk bermimpi karena kamu bisa menggapai mimpi mu itu. Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain karena seperti matahari dan bulan mereka sama-sama bersinar namun bersinar tidak secara bersamaan namun mereka bersinar dengan cara nya sendiri-sendiri begitupula dengan kamu yang kelak akan bersinar seterang matahari di siang hari maupun seterang bulan di malam hari. Selalu ingat untuk berusaha secara terus menerus agar dapat mencapai apa yang diinginkan.

Keterangan penulis:

Hellenia Salim adalah Universitas Bina Nusantara (Binus) Jakarta


Ilustrasi: Pixabay

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.